29 Agustus 2009

kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR


Dan katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah)
Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata,
lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan".
[At Taubah: 105]

Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahirabbil 'alamin, wash-shalaatu wassalaamu 'ala asyrafil anbiyaa wal mursaliin, wa 'alaa aalihii washahbihiwasallam.Waba 'du.



Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, Tiada kata yang indah yang diucapkan oleh seorang hamba selain rasa syukur kepada Allah SWT atas kemudahan yang masih kita rasakan hingga detik ini. Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, penolong tentara-Nya yang memuliakan agama-Nya. Sebagai makhluk yang lemah dan banyak salahnya, patutlah kita merasa sangat bersyukur atas segala nikmat yang tak kunjung padam yang ia berikan kepada kita di tengah kealpaan kita sebagai makhluk-Nya, dan patutlah kita merasa takut akan murka-Nya, karena begitu sangat mudahnya Ia untuk membolak-balikkan hati manusia dari jalan yang lurus ke jalan yang tak diridhoi-Nya dan juga sebaliknya.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tetap tercurahkan kepada junjungan alam, suri tauladan kita, manusia yang paling sholeh sedunia yang pernah hidup di muka bumi ini, Nabi Muhammad SAW, juga kepada segenap keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang Insya Allah kita termasuk di dalamnya yang selalu istiqomah menegakkan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin.

Lebih khusus puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Analisis Perbedaan Maslahah dalam Penggunaan Metode Profit Sharing, Gross Profit Sharing dan Revenue Sharing pada Pembiayaan Mudharabah di Bank Syariah” sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Islam. Tentu ini bukan akhir, tetapi saya yakin ini adalah awal dari tanggungjawab sebagai bagian dari peran akademis dan amanah cendekiawan muslim untuk terus memberikan kontribusi dalam rangka pembangunan ummat. Inilah jalan hidup yang telah dipilih. Semua ini tentunya tak akan menjadi kenyataan tanpa uluran tangan dan kepedulian dari banyak pihak.

Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam skripsi ini, terlebih lagi masih terbatasnya akses referensi buku-buku utama dan minimnya hasil-hasil penelitian di bidang ini. Untuk itu, saya perlu melakukan wawancara ke berbagai pihak terkait, menghadiri berbagai forum ilmiah ekonomi Islam serta memburu berbagai literatur dari berbagai sumber. Sehingga pada akhirnya, skripsi ini dapat saya selesaikan melalui kerja keras penuh perjuangan dengan beraneka ragam kendala dan yang jelas tidak terlepas dari bantuan dan dorongan semua pihak.

Oleh karena itu, dari lubuk hati yang paling dalam saya mengucapkan rasa terima kasih dan tentu tak mencukupi hanya disampaikan dengan sekedar kata. Pertama saya haturkan kepada keluarga saya, khususnya Ibu yang telah berjuang dengan gigih membesarkan dan mendidik dengan penuh kasih sayang dan yang telah mengajarkan arti mencari ilmu dan menyebarkan ilmu serta berdakwah dengan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa. Almarhum Ayah yang telah menanamkan jenak-jenak kehidupan, meskipun tak sempat melihat dan mendampingi saya beranjak dewasa, namun doa selalu terpanjat agar diberikan keluasan alam barzah dan dijauhkan dari azab kubur. Ayah angkat, yang selalu memberikan dorongan moril dan materiil dalam proses penyelesaian skripsi ini.

Terima kasih saya haturkan kepada jajaran pimpinan STEI SEBI, KH. Prof. DR. Didin Hafidhuddin, MSc selaku Majelis Wali Amanat, Bapak Sigit Pramono, SE., Ak. MSACC, selaku Ketua STEI SEBI, Bapak Dadang Romansyah, SE., Ak., MM selaku Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kemahasiwaan, Ibu Sri Mulyati, SE. Ak selaku Wakil Ketua II Bidang Keuangan dan Operasional, Bapak Izzuddin Abdul Manaf, Lc, MA selaku Unsur Pelaksana Akademik Ketua Jurusan Muamalat, Bapak Azis Budi Setiawan, SEI., MM selaku Ketua Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah, dan Bapak Adli, SE., MSi selaku Ketua Program Studi Akuntansi Syariah.

Terima kasih juga terucap kepada para pembimbing spiritual saya, Ust. Yusuf Nur Hidayat, Ust. Fauzi Bahreisy, Ust. Hidayatullah dan Ust Porkas Halomoan atas materi-materi tarbiyahnya selama ini, sehingga mampu menjadi inspirasi dalam memaknai hidup dan kehidupan.

Ucapan terimakasih lebih khusus juga tertuju kepada Bapak Dadang Romansyah, SE., Ak., MM dan Bapak Endang A. Yani, SE., MM yang telah dengan sabar membimbing saya selama setahun lebih. Terima kasih atas segala pengorbanan dan dukungan baik dari segi waktu, pemikiran, semangat sehingga saya mampu menyelesaikan penelitian ini.
Tak lupa saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Dr. Agustianto, Mag sebagai 'pembimbing tambahan' dalam skripsi ini. Kepada Bapak Ramzi A Zuhdi, Bapak Ali Sakti, Bapak Yuzlam Fauzi, bapak Hanawijaya, Bapak Yusuf Helmy, Bapak Irfan Syauqi Beik, Bapak Merza Gamal, Bapak Barno, Bapak Ali Hozi, dll atas kesediaan waktu dan pemikirannya dalam mencari sumber penelitian skripsi ini.

Kepada para dosen STEI SEBI, Ust Ahmad Bisyri, Ust Ahmad Sahal, Ust Sofwan Jauhari, Ibu Wulan, Ibu Asri, Ibu Inge, Pak Handi, Pak Kamal, Pak Anton, dan lain sebagai yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, terimakasih atas semua ilmu yang telah dicurahkan, semoga menjadi manfaat dan amal yang terus menerus mengalir hingga hari akhir.
Terimakasih juga kepada karyawan STEI SEBI, Mbak Ai'nur, Bang Abdi, Sdr Firmansyah, Bang Fahmi Syahbudin, Mbak Dewi Anggraeni, Pak Mulyadi, Sdr Sepki, Pak Lutfi, Mbak Fahma, Mbak Erna, dll. Terimakasih selalu mengingatkan untuk mengerjakan skripsi.

Kepada rekan-rekan AS dan MPS 2004 STEI SEBI, Asrul, Badar, Hamzah, Awang, Arif, Lukman, Rachmad, Pak Kus, Widy, Kemas, Subhan, Firdaus, Reiki, Richo, Ayu, Widi, Asri, Aini, Ratna, Linda, Millah, Tika dan semuanya yang tidak bisa saya tulis satu persatu, terimakasih atas bantuan, saran kritik, teguran, dan persahabatan selama ini.
Saya juga berterima kasih kepada kawan-kawan sparing partner, Pengurus di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Islamic Economics Forum (IsEF), dan Majelis Musyawarah Mahasiswa (MMM) tempat saya banyak belajar dan mencurahkan idealisme. Mohon maaf jika saya banyak berdebat dan adu argumen selama ini, karena dengannya kita akan banyak belajar.
Terimakasih juga kepada adik-adik tingkat 2005 STEI SEBI, Kamil, Hendra, Dimas, Rangga, John, Ricky, Aris, Herdin, Ues, Didik, Koskos, Dena, Ezi, Reka, Dian, Dani, Diah, Ningrum, Dien, Yuni, dkk. Juga adik-adik di 2006, Zein, Sandi, Riky, Harits, Janu, Molbi, Ihol, dan lebih khusus kepada Adik Syska yang dengan 'kepanikan'nya saya mampu menyelesaikan skirpsi ini. Tak lupa juga adik-adik di 2007 dan 2008 yang banyak yang tidak saya kenal namun selalu menyapa dengan rasa kehangatan.

Kepada rekan-rekan 12 ikhwan, Fatwa dan Chandra yang tengah berpetualang di luar kota. Kepada Akbar, Ferry dan Rubby dengan istrinya masing-masing, semoga menjadi keluarga sakinah. Kepada Parlan, Saef, Wahyu, Andri, Tahyudi, Bayu, Rangga, Rahmat, dkk ternyata diantara kita semua, saya yang paling akhir lulus kuliah.

Terimakasih juga terucap kepada rekan FoSSEI, khususnya rekan-rekan ketika sama-sama mengemban amanah PRESNAS 2007-2008, Akh Didi, Mas Ibnu, Mas Walid dan Mas Angga. Tak ketinggalan juga rekan-rekan regional masa jabatan yang sama, ada Ridha dengan Abang Kholil, Bang Hendra, dan Akh Risman dengan Dewi-nya di Pulau Sumatera. Akh Izul, Mbak Ushwah dengan Nawawi-nya, Mas Imam, Mas Sugi dan Akh Erwin di Pulau Jawa. Akh Tantra, Akh Rizal dengan Midah-nya, dan Akh Chairul di Kalimantan. Akh Zul dan Akh Abdul beserta Istri di Pulau Sulawesi, serta akh Jihad dan Ukh Nurul di Sunda Kecil. Terimakasih atas pelajaran idealisme, pengorbanan dan kehidupan selama ini. Juga rekan-rekan FoSSEI saat ini sekarang, Khadafi, Darsono,, Waskito, Deky, Eko Rusli, Ardi, Willy, Asbah, Muizuddin, Yoga, Khatib, Reni, dkk. Semoga amanah dan perjuangan Mahasiwa Ekonomi Islam tidak akan pernah padam dan terus mencari relung kejayaan Islam.

Kepada para sahabat saya, Mitra, Wina, dan Ricky di STEKPI, Nugroho di UNJ, Ovy di Alhikmah, Firdaus, Astria, Husnul dan Turina di Trisakti, Arif di YAI, Adek di UNPAD, Mbak Arly di BI, Cecep di UI, Azizah di Bekasi, Yusrul di UIN SUSKA Pekanbaru, Fiah di TAZKIA, Dina di IPB, dan Mbak Rifkah di UNILA yang dengan batuan, doa, semangat dan 'omelan'nya untuk terus mengerjakan skripsi, saya akhirnya mampu menyelesaikan penelitian ini.

Kepada Rekan-rekan IAR SMA 49, Arselan, Hendra, Imron, Ismail, Fahmi, Khilma, Chornie, Ipung, Ridho, Riico, Kiki, juga binaan saya, Galih, Ferdi, Hendris, Azzam, Edo, Umbang, Fandika, Mahdi, Rohim, Hadi, dkk yang menjadi penyemangat dan tempat untuk curahan dakwah saya.

Terimakasih juga terucap kepada rekan-rekan di ACT, Pak Imam, Andika, Mbak Ima, Mas Taryo, Mas Bayu Gautama, Mbak Iis, yang dengannya saya mampu merasakan apa yang dimaksud dengan kata 'empati'. Juga rekan-rekan di MGe, Mbak Dwi, Mbak Nisa, Yuki, Bang Andre, Bang Irfan, Bang Davy, dkk yang dengan mereka, saya mampu belajar tentang make to event. Tak lupa rekan-rekan di MES, Bang Iqbal, Bang Rafky, Heru, Yuni, Muis, Dedi, Mbak Azizie, dkk yang dengannya saya mampu melanjutkan perjuangan pasca kampus untuk menegakan ekonomi Islam.

Dan semua pihak yang tidak dapat saya cantumkan namanya satu persatu dalam kalimat ini. Semoga amal kebaikan, doa dan bantuan selama ini kepada saya dapat menjadi catatan timbangan kebaikan di akhirat kelak. Semoga segala bantuan, dukungan, dan do’anya kepada saya, dibalas Allah dengan kebaikan yang berlimpah. Semoga karya sederhana ini dapat memberikan kemanfaatan bagi saya khususya dan bagi kemajuan dan perjuangan pengembangan ekonomi syariah ditanah air tercinta, dan mampu mengisi relung kosong khasanah keilmuan Islam, khususnya dalam bidang ekonomi. Kritik dan saran yang konstuktif terbuka bagi penyempurnaan dan peningkatan kualitas sayaan ini


Jakarta, Juli 2009


F a r i z a l

2 komentar:

  1. Like This 23x.....

    BalasHapus
  2. bussettttttt. mau dianter kemana tuh kata pengantar gan?
    hhihi. Thx for reference.

    BalasHapus

Ada yang mau berpendapat?