15 Februari 2011

Adalah Kader


Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak ikut berperang) yang tidak mempunyai 'uzur dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta mereka dan jiwanya. Allah melebihkan orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk satu derajat. Kepada masing-masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar
(Annisaa: 95)

Adalah kader, mereka yang berada pada barisan awal dari dakwah. Menjadi motor penggerak dari dakwah. Ia berada di garis terdepan dari amar ma'ruf nahi munkar. Bergerak dengan jamaah kader yang lain, konsisten tanpa ada rasa lelah. 

 Dakwah harus dikemas dengan baik, indah dan cantik. Seperti mobil Alphard, Veriville atau Elgrand. Indah dipandang mata. Itulah karakteristik umum dakwah. Namun keindahan itu tidak dapat bergerak tanpa adanya mesin-mesin di dalamnya. Mungkin kita akan takut kalau sebuah Alphard bergerak tanpa boddy, meskipun dengan begitu, Alphard tersebut masih bisa difungsikan dan dijalankan. Dan sebaliknya, Alphard tersebut tidak bisa berjalan kalau hanya boddy-nya saja yang ada. Itulah kader. Menjadi penggerak dari keindahan dakwah. Meski kader itu sendiri tidak indah untuk dipandang

Dan mesin itu harus bekerja ekstrak keras agar roda dakwah beserta bangunannya bisa berjalan dengan baik. Jika memang mesin itu rusak, tentunya harus diperbaik, service atau bahkan kalau memang rusaknya sudah akut, maka harus diganti. Begitulah kader. Tiap pekan pun harus diisi batereinya. Ruhiyyahnya pun diperhatikan, agar tidak mudah rusak atau sampai mogok dari dakwah.

Ia-pun harus ditempa dengan pupuk dengan waktu yang cukup lama. Seperti pohon rambutan, mangga atau durian. Tumbuh dan berbuahnya lama, namun sekali berbuah akan banyak menghasilkan dan ia akan menghasilkan buah lagi setelah berbuah. Itulah kader. Berbeda dengan pohon toge, yang tumbuh dan berbuah cepat dalam waktu satu-dua pekan tetapi mati-nya pun cepat.

Adalah kader, ia konsisten, berjamaah dan bergerak dalam barisan yang teratur. Karena Allah akan membedakan mereka yang duduk-duduk saja dengan orang-orang yang berjihad. Jadi, anda pilih yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada yang mau berpendapat?