12 Februari 2009

Mengenal Dr. M. Sohibul Iman, M.Eng.

Salam....
Sebelumnya mohon maaf kalau tulisan ini terkesan kampanye. Tapi Insya ALLAH bukan koq... karena memang tidak ada visi misi yang dipaparkan.

Ehm... saya hanya ingin sekedar berbagi pengalaman dan mengenalkan salah seorang calon anggota dewan (CAD) yang sering saya temui di beberapa kesempatan. Saya baru tahu kalau beliau ini ternyata CAD, dan kebetulan juga beliau berada di daerah pemilihan dimana saya tinggal yaitu Jakarta II (J
aksel, Jakpus dan LN). Sebelumnya saya tidak menyangka bahwa beliau ini CAD, karena dari penampilan, sikap dan kesehariannya yang sangat sederhana dan bersahaja serta mau membantu sesama dan sangat jauh dari kesan "anggota dewan" kebanyakan. (tahu khan kebanyakan Aleg itu gimana...?)

baru berjumpa sekali saja langsung ingat nama saya dan ketika bertemu di kesempatan lainnya pun beliau terlebih dahulu yang menanyakan kabar saya dan keluarga.

Pernah suatu ketika di ajak jalan-jalan ke suatu tempat di wilayah Mangga Dua
dan beliau sendiri yang yang menyetir mobil. Sungguh saya tertegun. Biasanya saya yang bawa motor serobot sana serobot sini, lampu merah kadang di terjang juga tapi tidak dengan beliau. Dengan santun berkendara, tidak cepat tidak juga lambat. Ketika ada lampu kuning menjelang merah beliau pun memperlambat kendaraannya. Padahal ketika itu waktu menunjukkan pukul 10 malam dan kendaraan sudah sepi.

Ketika ingin berputar pun beliau tetap mentaati rambu-rambu lalu lintas, padahal bisa saja beliau berputar tanpa ada hambatan apapun, namun beliau melihat rambu bahwa memang disitu dilarang berputar.
"Saya lama di Jepang dan saya sudah terbiasa dengan budaya disiplin orang jepang" begitu kata beliau singkat.

Luar
biasa..... andai saja semua anggota dewan seperti beliau... Eum.. untuk lebih jelasnya mengenal beliau saya copas aja dari salah satu situs....



Mengenal Dr. M. Sohibul Iman, M.Eng.

Dr. M. Sohibul Iman, M.Eng adalah calon anggota dewan (CAD) DPR RI dari PKS nomor urut 1 di Daerah Pemilihan DKI Jakarta 2 yang meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri. Ia memiliki pengalaman yang beragam profesi dengan spesialisasi di bidang Kebijakan Teknologi dan Industri (aspek makro) dan Manajemen Inovasi dan Pengetahuan (aspek mikro).
Ia pernah mengabdi di lembaga teknologi pemerintahan, perguruan tinggi, dan perusahaan konsultan. Selama bertugas sebagai PNS di BAKOSURTANAL (Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional) dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) ia banyak menangani proyek penelitian terutama yang berkait dengan kebijakan teknologi dan industri. Selain itu, ia juga banyak terlibat dalam program reformasi, restrukturisasi, dan revitalisasi di lembaga negeri ini. Di dunia akademik, selain berpengalaman sebagai dosen, di beberapa perguruan tinggi, ia pernah menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina, Jakarta. Bahkan ia pernah mendedikasikan dirinya pada konsultan hak paten di Amroos Law Consultant, Jakarta.
Selama bekerja di lembaga tersebut, ia telah banyak menangani drafting, penelusuran, dan aplikasi hak paten dari berbagai perusahaan dalam dan luar negeri. Sohibul Iman memulai dunia organisasi sejak memasuki usia SD, SMP, dan SMA (Pramuka dan OSIS). Pengalamannya mengelola organisasi semakin terasa, setelah melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.
Saat memasuki semester 3 di IPB, ia melanjutkan pendidikan tingginya (S1-S3) di Jepang. Seluruh aktivitas organisasi yang dijalaninya semasa mahasiswa hingga kini selalu dilandasi motif kuat, “Memberikan kontribusi bagi masyarakat dengan bingkai Keagamaan (Keislaman) yang dipadukan dengan konteks Kekinian (Kemodernan) dan Kedisinian (Keindonesiaan).”
Tercatat beberapa organisasi telah dikelolanya, seperti ISTECS (Institute for Science and Technology Studies), YPNF (Yayasan Pendidikan Nurul Fikri), HSF (Hokuriku Scientific Forum), MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia), MYIT (Yayasan Inovasi Teknologi), dan lain-lain. Ia pernah terlibat pada organisasi
profesi, seperti ISSS (International Society for System Sciences), JSPRRM (Japan Society for Science Policy and Research Management), IEEE (Institute of Electric and Electronics Engineers), dan lain-lainnya.
Ayah dari 4 putra/i dan suami Uswindraningsih Titus ini, bergabung dengan PK (Partai Keadilan) terhitung sejak era reformasi 1998. Berselang beberapa waktu kemudian, ia diamanahi sebagai Ketua Departemen IPTEK-LH DPP PK. Tahun 2005 hingga sekarang diberi kepercayaan sebagai Ketua DPP PKS bidang Ekuintek (Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Teknologi).
Website Bapak Dr. M. Sohibul Iman, M.Eng: http://www.sohibul-iman.net/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada yang mau berpendapat?